Kenali Manfaat Si Buah Liar


Buah ini biasanya ditemukan  diantara rerumputan secara liar di sawah ataupun kebun. Cimplukan terlihat seperti gulma, tanaman ini terkenal dengan berbagai nama seperti physalis, cape gooseberry atau cerri tanah. Kebanyakan orang memandang sepele buah liar ini bahkan tidak terlalu memperhatikan keberadaannya.

Namun sebenarnya buah cimplukan mengandung manfaat bagi kesehatan bagi tubuh dan mampu mengatasi berbagai penyakit. Berikut manfaat buah cimplukan.

Vitamin A
Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata, kulit, dan kekebalan tubuh. Nah, ternyata di dalam 100gr buah cimplukan terdapat 720 unit vitamin A yang mampu memenuhi 14 % kebutuhan vitamin A bagi orang dewasa dalam sehari. Selain itu buah cimplukan bisa menetralkan radikal bebas yang mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Vitamin C
Setelah kandungan vitamin A, buah cimplukan juga mengandung vitamin C. Vitamin yang larut dalam air dan dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen yang baik untuk kesehatan kulit, mengurangi tekanan darah, mengurangi resiko katarak dan meningkatkan mekanisme kekebalan tubuh.

Mengatasi Sakit Paru
Buah cimplukan mampu mengatasi sakit paru. Caranya adalah dengan mendidihkan tanaman cimplukan dengan menggunakan 3-5 gelas air. Setelah mendidih, saring dan dinginkan. Minum sebanyak 3 kali dalam sehari.

Mengobati Diabetes Melitus
Selain dapat mengatasi sakit paru, buah cimplukan juga mampu mengobati sakit diabetes melitus. Cara nya hampir sama dengan yang pertama, yaitu seluruh bagian tanaman cimplukan di potong-potong dan di rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Setelah itu saring, biarkan dingin. Minum air rebusan setiap pagi. Sore hari rebus ampas tanaman yang sama dengan cara mengolah yang sama.

Asupan Kalori
Untuk kamu yang sedang menjalani program diet, bisa memasukkan buah cimplukan di daftar menu. Karena dalam 1gr buah cimplukan mengandung 53 kalori dan 1gr lemak. Jadi buah cimplukan mampu membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Itulah manfaat yang tidak terduga dari si buah liar yaitu cimplukan. Menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Kenali Manfaat Si Buah Liar"

saya kenal tu,, kalo di desa saya namanya ciplukan

makasih infonya, barangkali bermanfaat bagamana memberi pertolongan pertama saat bayi terkena demam

http://www.firdaus45.com/2016/01/pertolongan-pertama-pada-bayi-saat.html

kunjungi disini ya? salam kenal

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top